Recommed

loading...

Saturday 12 August 2017

Apa sih! Teknik Mesin? Berikut Ulasan tentang TEKNIK MESIN



Salam bahagia untuk para pembaca.

Kembali lagi diblog saya, kemarin saya memikirkan tentang apa yang akan saya post diartikel-artikel berikutnya.. Dan sepertinya kurang cocok untuk saya membahas bidang yang tidak saya pelajari.. Oleh karna itu untuk post-post berikutnya i think, i will discuss everything about mechanical engineering. Dari post pertama saya pernah memberitahu bahwa saya lulusan SMK teknik pemesinan dan sekarang kuliah diuniversitas dengan bidang yang sama yaitu teknik mesin.
Hemm okee.. Karna itu kalii ini untuk permulaan saya ingin membahas tentang apa itu "TEKNIK MESIN". Untuk kalian yang ingin masuk SMK jurusan apa atau ingin memasukan anaknya kejurusan mesin yuuk simak penjelasan berikut.

Teknik mesin adalah salah satu cabang dari ilmu teknik, yang mempelajari tentang energi dan sumber energi berdasarkan penerapan dari ilmu fisika, kimia, dan matematika. Nah berbeda dari penjelasan berikut, jika kalian masuk SMK, kalian akan difokuskan untuk memproduksi suatu produk, uhhhh keren kan temen-temen. bahkan jika kalian terus menggali ilmu kalian bisa menciptakan atau membuat produk kalian sendiri, itu yang keren dari teknik mesin.Jadi jangan takut duluan denger penjelasan teknik mesin tadi yahh hehe..
Jika kalian masuk SMK jurusan Teknik Mesin kalian akan mendapatkan materi seperti berikut :

1.konversi energi
2.simulasi digital
3.mekanika teknik
4.elemen mesin
5.gambar teknik
6.gambar manufaktur

Dan kalian akan belajar cara mengoperasikan berbagai macam mesin seperti :
1.mesin bubut
2.mesin frais
3.mesin skrup
4.mesin milling
5.mesin grinding
6.mesin CNC (Computer Numerical Controlled) dll.

Jika belajarnya mengoperasikan mesin kenapa kita harus belajar fisika, kima, matematika seperti penjelasan diatas?
Begini penjelasannya, diSMK memang kita difokuskan untuk mengoperasikan mesin tapi jangan salah temen-temen, mungkin kedengarannya sangat mudah.. Tapi dalam mengoperasikan mesin perlu perhitungan dan logika yang matang karna jika sembarangan produk akan gagal.. Tapi tenang ajaa.. Untuk perhitungan yang dipakai adalah matematika dasar kok temen-temen jadi gaperlu takut klo hitungan kita lemah yaa..
Banyak yang bilang klo jurusan ini kita bakalan kotor lah, dekil lah, ribet lah ngitung-ngitung, gak ngejamin lah, yaaa emang iyaa sih yah.. Tapi engga segitunya juga.. Coba pikir ketika kalian bisa menciptakan suatu benda yang dibuat oleh tangan kita sendiri, uuhhh itu rasanya luar biasa.. Yaa memang harus kotor-kotor dahulu, karna memang sukses itu dari bawah kan temen-temen.
Okeee sekian ulasan dari saya, jika ada yang kurang mohon ditambahkan dengan cara komentar, atau kalian yang masih bingung dan belum jelas harap komentar dibawah. Thank's untuk kalian yang telah membaca post ini dan semoga bermanfaat.
See yaa..

No comments:

Post a Comment

Populer

MENGENAL AUTOCAD

Salam semuanya.. semoga selalu sehat dan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari, kembali lagi diblog saya, kali ini saya ingin memb...

Paling banyak dikunjungi

check it this