Recommed

loading...

Sunday 10 September 2017

5 Tips merawat vernier caliper/jangka sorong dan micrometer skrup.


Salam semuanya.. Semoga selalu sehat dan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari, kembali lagi diblog saya.. Kali inii.. Saya akan berbagi tips bagaimana cara merawat jangka sorong serta micrometer agar awet dan menjaga kepresisiannya.

Jangka sorong adalah alat yang sangat penting bagi anak teknik, selain untuk mengukur, jangka sorong disebut-sebut sebagai nyawanya anak Teknik Pemesinan, karna tanpanya mungkin kita akan sulit untuk membuat produk. Oleh karna itu sangat penting sekali untuk kita, mengetahui bagaimana cara merawat dan menjaga kepresisian dari alat ukut yang satu ini. Baik langsung saja, ini dia tips-tips merawat dan menjaga kepresisian jangka sorong serta micrometer.
1. Lumasi oli
Berfungsi agar alat ukur tidak berkarat, dan tidak keset/sliding.
2. Dilarang menindih alat ukur dengan apapun
Yang berarti kita harus menaruh alat ukur dengan hati-hati dan terbebas dari barang-barang yang menindihnya, karna dapat merusak serta mengurangi kepresisian dari alat ukur tersebut.
3. Jangan dilempar atau dibenturkan
Yang ini sangat fatal resikonya, karna akan merusak dan mengurangi ketelitian dari alat ukur tersebut.
4. Selalu kalibrasi ulang ketelitian alat ukur sebelum dipakai
Guna menjaga dan mengontrol ketelitian alat ukur.
5. Masukan kembali kesarung atau box setelah memakai
Berguna untuk menjaga kelembapan alat ukur agar tidak terjadi korosi dan tidak terbentur.

Diatas adalah 5 cara merawat jangka sorong atau micrometer, bagaimana jika alat ukur kita sudah terlanjur berkarat, mudah saja, dengan melarutkan setengah sendok soda kue dan satu sendok perasan air jeruk lemon dengan air panas lalu oleskan pada karat dan tunggu sekitar  15menit dan lap dengan kain kering.
Baik cukup sekian artikel saya hari ini, semoga bermanfaat untuk semua. Dan terimakasih telah membaca post ini, jika ada kekurangan mohon dimaafkan dan ditambahkan dikolom komentar.
Salam satu mesin.. See yaa..


1 comment:

Populer

MENGENAL AUTOCAD

Salam semuanya.. semoga selalu sehat dan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari, kembali lagi diblog saya, kali ini saya ingin memb...

Paling banyak dikunjungi

check it this