Recommed

loading...

Sunday 3 September 2017

TIPS!! menambah konsentrasi dan fokus saat belajar



Salam semuanya.. Semoga selalu sehat dan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari, kembali lagi diblog saya.. Kali inii.. Saya akan membahas tentang bagaimana cara agar menambah konsentrasi dan fokus saat belajar.
Seperti yang kita tau, tidak fokus saat belajar sehingga sulit menerima pelajaran adalah salah satu masalah yang dimiliki pelajar kebanyakan, dikarnakan beberapa faktor seperti keadaan kelas yang kurang kondusif, kecilnya volume suara guru dan lain sebagainya.
Saya tidak akan membahas faktor yang menyebabkannya melainkan akan memberikan tips yang bisa kita lakukan agar bisa fokus untuk menerima pelajaran yang diberikan. Langsung saja ini dia beberapa tips agar fokus saat belajar.

1. Duduk dibangku paling depan
Selain agar lebih fokus, duduk dikursi paling depan juga membantu pelajar yang tidak bisa melihat jauh atau memiliki masalah mata seperti "minus", serta dapat mendengar lebih jelas karna jarak yang dekat dari guru sehingga membantu agar menjadi lebih fokus. Duduk dikursi depan juga menjadi sorotan dan nilai plus sendiri dari guru karna anak yang duduk didepan bisa dikatakan "rajin"
2. Posisi duduk
Posisi duduk kita juga menjadi faktor penting agar mendapatkan fokus yang baik, posisi duduk yang baik dan benar adalah badan berdiri tegap dan pandangan kedepan, karna jika kita tiduran atau bersandar dimeja maka akan menjadi ngantuk dan malah tidak fokus temen-temen.
3. Tidak mengobrol dengan teman sebelah
Jika sudah duduk didepan, dan posisi duduk sudah benar, tidak ada gunanya jika kita mengobrol dengan teman sebelah. Selain membantu kita agar fokus, tidak mengobrol dengan teman sebelah juga membantu teman kita agar juga tidak mengobrol.
4. Catat hal penting yang diterangkan guru
Tips ini berguna untuk antisipasi jika kita sudah fokus mendengarkan tapi belum bisa mengerti, kita bisa mencatat point-point penting yang sekiranya belum kita mengerti atau lupa dan bisa kita tanyakan kembali serta mengulang dirumah.
5. Mengunyah permen karet
Menurut sebuah penelitian dari British Psychological Society, mengunyah permen karet dapat meningkatkan memori, konsentrasi atau fokus saat belajar. Tapi bukan berarti jika guru atau sekolah tidak mengizinkan hal itu kita tetap melakukannya, akan lebih baik jika kita mengikuti kemauan guru dan peraturan yang ada.
6. Membaca doa sebelum belajar
Ini sangat penting karna segala sesuatu harus dimulai dengan doa, Selain wujud dari keniatan kita, agar yang maha kuasa juga memberikan kita kecerdasan dan fokus yang tinggi dalam menerima pelajaran.

Itu dia 6 tips yang menurut saya dapat menambahkan fokus kita ketika belajar, sebenarnya masih banyak lagi cara yang lain seperti menggerakan badan sebelum belajar dan lainnya, tapi menurut saya 6 tipas diatas sudah cukup untuk bisa menambahkan fokus kita ketika belajar. Mungkin juga ada yang merasa tidak harus melakukan hal diatas tapi sudah dapat fokus, itu dikarnakan setiap manusia memiliki tingkat fokus yang berbeda, tapi 6 tips diatas adalah tips jitu bagi yang sulit untuk fokus dan konsentrasi saat belajar.

Baik cukup sekian artikel saya hari ini, semoga bermanfaat untuk semua. Dan terimakasih telah membaca post ini, jika ada kekurangan mohon dimaafkan dan ditambahkan dikolom komentar.
Salam satu mesin.. See yaa..

No comments:

Post a Comment

Populer

MENGENAL AUTOCAD

Salam semuanya.. semoga selalu sehat dan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari, kembali lagi diblog saya, kali ini saya ingin memb...

Paling banyak dikunjungi

check it this