Recommed

loading...

Friday 25 August 2017

TAHUKAH KALIAN ada alat ukur yang dapat mengukur kertas? Berikut macam-macam alat ukur khusus!




Salam semuanyaa.. semoga sehat dan selalu semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. kembali lagi diblog saya, kali ini saya akan membahas tentang macam-macam alat ukur khusus anak Teknik Pemesinan.
Kalian tau? Bahwa alat ukur umum itu tidak hanya penggaris,dan meteran. Tapi ada juga lho alat ukur yang khusus, jika yang kalian tau satuan ukuran dari penggaris adalah cm, berbeda dengan alat ukur ini, satuan dari alat ukur ini adalah mm, karna begitu telitinya salah satu alat ukur ini ada yang bisa digunakan untuk mengukur tebal sehelai kertas atau memiliki ketelitian 0,001 mm lho.. 

Oke.. langsung saja kita bahas macam-macam alat ukur khusus yang biasa dipakai anak Teknik Pemesinan..
       1.      Vernier caliper / jangka sorong
Untuk ketelitian vernier caliper yaitu 0,05 dan 0,02. Vernier caliper memiliki 3 fungsi yaitu untuk menghitung ukuran luar, dalam, dan ketinggian, prinsip kerja vernier caliper adalah benda dijepit pada rahang dan menggeser skala nonius. ada 2 jenis vernier caliper, manual dan digital.
       2.      Micrometer skrup
Ketelitian micrometer skrup adalah 0,01 dan 0,001. Micrometer skrup biasanya dipakai untuk test ukuran dilab karna tingkat ketelitianya yang tinggi. Prinsip kerja micrometer skrup dengan cara benda dijepit dan putar silinder putar. Berbeda dengan vernier calipe, micrometer skrup memiliki bagian yang bernama racet yang berguna untuk membatasi tekanan yang berlebihan.
       3.      Dial indikator
Dial indikator termasuk dalam alat ukur pembanding dan biasa dipergunakan untuk mencari selisih ukuran, mengukur kerataan bidang datar atau poros. dan biasanya untuk mengetes kecenteran benda kerja. Prinsip kerja dial indikator adalah dengan cara menempelkan kaki dial indikator pada meja mesin dan menempelkan ujung jarum dial pada bidang datar atau poros, setel keangka nol dan putar benda kerja maka jarum penunjuk akan bergerak dan menunjukan seberapa besar perbandingan dan rata atau tidaknya bidang.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis alat ukur khusus seperti alat ukur batas, alat ukur bantu. Sebagai anak Teknik ketelitian dalam pengukuran adalah hal yang penting karna akan mempengaruhi hasil produk, bahkan ada yang bilang membaca ukuran adalah nyawa kami. 

Okee.. cukup sekian ulasan dari saya, semoga bermanfaat untuk semua. Dan terimakasih telah membaca post ini, jika ada kekurangan mohon dimaafkan dan boleh ditambahkan dikolom komentar. Salam satu mesin.. see yaa..

No comments:

Post a Comment

Populer

MENGENAL AUTOCAD

Salam semuanya.. semoga selalu sehat dan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari, kembali lagi diblog saya, kali ini saya ingin memb...

Paling banyak dikunjungi

check it this